//
you're reading...
Mikrotik

SETTING VPN MIKROTIK


VPN merupakan singkatan dari Virtual Private Network, sekarang VPN mulai digunakan sebagai salah satu layanan ISP di Indonesia, sebagai contoh Indosat Mega Media ( IM2 ), dan beberapa ISP besar lainnya. VPN memungkinkan kita untuk masuk kedalam jaringan internal perusahaan kita, ataupun ISP kita dari provider internet yang lainnya. VPN terdiri atas dua macam yaitu PPTP dan L2TP. PPTP sering digunakan untuk membangun VPN yang relatif sederhana jika dibandingkan dengan L2TP, karena L2TP memungkinkan enkripsi data sehingga data yang dikirimkan dapat dijamin keamanannya saat melewati jaringan yang tidak kita kenal. Namun, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba memberikan penjelasan tentang PPTP. Tingkat lisensi minimal yang diperlukan untuk membuat mikrotik sebagai AC ( Access Concentrators ) adalah level 4 dengan user aktif sebanyak 200 pengguna, saya rasa jumlah pengguna sekian itu sudah cukup untuk ISP atau kantor-kantor yang ukurannya tidak terlalu besar. Cara setting mikrotik dasar sudah banyak dibahas di internet, saya tidak akan membahasnya di blog saya ini.Untuk mengaktifkan mikrotik sebagai Access Concentrator bagi VPN anda, masukkan ke menu PPP, kemudian masuk pada tab Interface cari bagian PPTP Server, setelah anda klik pada bagian tersebut, aktifkan PPTP Server dengan memberikan tanda centang pada “Enable”, kemudian klik OK.

Setelah anda mengaktifkan PPTP Server sekarang masuklah kedalam tab secret, kemudian buat user baru, dengan rincian
Name :
Pass :
Service :
Service pada PPP ini ada berbagai macam seperti PPP ( Menggunakan analog modem ), L2TP, PPPoE ( Seperti Speedy ), dan lainnya. Jika diset ke “Any” maka username tersebut dapat digunakan untuk login melalui media di atas.
Profile :

Setelah anda selesai membuat user baru, sekarang kita berpindah ke tab profile, disini kita dapat mengatur berbagai parameter tentang server kita ini. Yang perlu dirubah disini adalah local address, remote address, dan DNS Server. Untuk local address kita isi dengan alamat server PPTP kita, sedangkan remote address dapat ditentukan melalui static allocation atau dynamic allocation, penggunaan dynamic allocation lebih fleksibel dibandingkan dengan statik. Untuk menggunakan dynamic allocation kita harus melakukan pengalokasian IP address space melalui menu IP>Pool. Setelah anda membuat pool, silakan masukkan nama pool tersebut kedalam kolom remote-address. Sehingga user yang terkoneksi ke server kita akan mendapatkan IP Address secara otomatis. PPTP tidak dapat menggunakan DHCP server, harus menggunakan alokasi yang telah ditentukan sebenarnya.

VPN yang akan saya setting hanya menggunakan satu jenis yaitu PPtP (Point to Point tuneling protocol)
Asumsi..

  1. Jaringan inet anda dengan menggunakan gateway/router mikrotik sudah berjalan dengan baik dan juga memiliki ip public.
  2. IP pool untuk VPN : 192.168.15.1-192.168.15.50
  3. IP Mikrotik yang mengarah ke LAN :192.168.0.245

Action…

  1. silahkan login ke mikrotik anda dengan menggunakan winbox…
  2. kemudian kita masuk ke modul Ip–>Pool
  3. untuk nama bisa diberikan sesuai dengan keinginan anda, yang penting mudah diingatuntuk address dimasukan : 192.168.15.1-192.168.15.50 dan next pool=none lalu klik OKSelanjutnya kita masuk ke modul PPP ke tab profiles, lalu klik tanda plus..Untuk nama silahkan cari yang unik, kemudian local address diisikan dengan ip mikrotik yang mengarah ke LAN dan DNS server diberi ip yang sama (dengan catatan pada setting DNS di mikrotik pada option allow remote request di ceklist) lalu klik OKSelanjutnya kita pindah ke tab secrets masih pada modul PPP, kemudian diklik tanda plus-nyaPada bagian ini untuk memberikan akses/username untuk menggunakan atau login ke VPN kita, silahkan berikan username dan password yang unik. Untuk service silahkan klik pptp dan profile diisi dengan profile yang sudah dibuat tadi..lalu diklik OKSetelah bagian ini selesai kemudian kita masuk ke TAB interface dan klik pada bagian PPTP ServerSilahkan diikuti semua option diatas kemudian klik OK, maka telah selesai setting VPN kita

Tes koneksi dengan menggunakan windows XP

Selesai….
Selamat mencoba

Diskusi

3 thoughts on “SETTING VPN MIKROTIK

  1. mas….cara itu bisa mempercepat koneksi ga? misal bisa mempercepat koneksi melalui dial up dengan IM2

    Posted by hanafi | 1 Oktober 2009, 1:49 am
  2. mas klu dari sisi client juga menggunakan mikrotik settingnya gimana mas ??
    2 buar router mikrotik di buatkan seperti di atas bisa ngk mas ??

    Posted by buchek | 5 September 2010, 9:51 am
  3. mas, numpang tanya nich sama jago2 mikrotik! kalau VPN kita gunakan sebagai jalur data untuk kantor cabang….! bagaimana untuk cara settingan di mikrotiknya.

    Posted by sastro-s | 13 Maret 2011, 1:10 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: